Macbook, adalah laptop yang diciptakan agar sederhana dalam penggunaannya dan juga sangat nyaman untuk digunakan oleh penggunanya. Apple Macbook bisa dikatakan menjadi tantangan besar serta ketakutan bagi Windows user pada umumnya.  Sistem serta tampilannya yang asing mampu membuat orang behenti mencoba menggunakan mesin ini.

Mac OS X sebetulnya tidak terlalu sulit seperti yang pernah Anda bayangkan. Laptop Macbook itu sebenarnya aman, indah dan juga sederhana. Bagi Anda, yang baru membeli new Macbook, baik Macbook Air, Macbook Pro, Anda bisa melihat beberapa tips di bawah ini untuk memudahkan Anda mengenali laptop baru Anda. Dijamin, Anda juga akan bisa menyadari bahwa sebenarnya penggunaan Mac tidak berbeda jauh dengan Windows. Hanya sistem operasinya saja yang berbeda.

Mengenal Tampilan Kerja Macbook / Mac OS X

Ada beberapa hal yang akan dijelaskan mengenai tampilan di lingkungan kerja laptop Macbook, yakni :

  • Menu Bar. Menu Bar merupakan indikator yang menunjukkan aplikasi-aplikasi yang sedang digunakan atau aktif.  Selain itu, di dekatnya juga ada beberapa pilihan menu yang biasanya juga tersedia pada Windows. Tetapi, bedanya di Mac, semua selalu ada pada Menu Bar.
  • Ikon Menu Bar. Ikon menu bar bisa dikategorikan seperti tray pada Windows. Sudah banyak pengembang yang menawarkan aplikasi pada Anda beberapa pilihan application control menggunakan menu bar..
  • Dock. Dock yaitu daerah tempat aplikasi yang sedang digunakan/aktif berada. Aplikasi yang sedang berjalan/dijalankan masuk Dock. Indikator bercahaya yang ada di bawah ikon aplikasi menunjukkan jika aplikasi yang bersangkutan sedang aktif. Dock bisa dikatakan sama seperti Taskbar pada sistem operasi Windows.
  • Spotlight. Spotlight akan membantu Anda dalam menemukan files, menjalankan aplikasi, mengakses konfigurasi pada Mac dan juga kegiatan lainnya. Keunggulan Mac tampak pada Spotlight, di mana tersedia fitur search disana. Anda bisa menggunakan Spotlight dengan menekan cmd+space atau juga bisa mengklik lensa zoom in/out yang ada di pojok atas.

Masih ada banyak lagi fitur yang ada pada Apple Macbook. Coba telusuri sendiri secara step by step agar lebih memahaminya. Ada banyak cara untuk menerapkan penggunaan Mac.

Cara Mengoperasikan Mac

Setiap orang memiliki gayanya sendiri. Ungkapan itu juga berlaku bagi Mac user. Tetapi biasanya Macbook user menggunakan Spotlight untuk me-launching aplikasi maupun mencari files yang diinginkan.

Untuk menjalankan aplikasi, Anda cukup mengklik aplikasi yang Anda tuju. Untuk lokasi dari aplikasi Macbook Anda akan selalu tersimpan di Finder: Application. Anda bisa menjalankan Finder dan tekan cmd+shift+a, dan cara ini tentu lebih sederhana. Cara lain yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yaitu dengan menggunakan Spotlight dan ketik nama aplikasi yang akan Anda jalankan.

Ketika ada aplikasi crash atau not responding seperti yang terjadi pada Windows, Anda bisa mengatasinya dengan mengklik tombol (x) yang ada pada titlebar. Pada Apple Macbook, Anda diharuskan memilih aplikasi yang bersangkutan pada menu bar lalu pilih quit, atau Anda juga bisa mengklik tombol cmd+q pada aplikasi yang Anda gunakan tadi.

Untuk menginstall aplikasi bisa dengan memindahkannya ke folder Application yang telah disebutkan sebelumnya. Tidak berlaku setup maupun install seperti pada Windows. Native application biasanya hanya cukup dipindahkan saja. Tetapi ada juga beberapa aplikasi yang menggunakan installer.

Untuk menguninstall aplikasi dapat dilakukan dengan mudah, yakni menghapus aplikasi yang ingin Anda hilangkan dari folder aplikasi. Tetapi langkah tersebut akan meninggalkan beberapa konfigurasi atau dukungan aplikasi yang tak terhapus. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi pendukung seperti AppCleaner.

Demikianlah garis besar mengenai apa-apa saja yang sebaiknya Anda, new user, untuk lakukan pada Laptop Macbook.

LEAVE A REPLY