Cara Mengatasi dan Memperbaiki Isu Overheat di Macbook OS X

Tips Mengatasi Panasnya Macbook, Sering kali kami menerima pertanyaan seputar isu overheat di Mac. Biasanya pertanyaan begini: “Mengapa MacBook saya cepat panas dan kipasnya sering berputar dengan kencang?”. Isu overheat selalu berkaitan dengan proses yang sedang dikerjakan device (Hal ini berlaku untuk semua device yang membutuhkan processing power). Semakin berat pekerjaan yang harus dilakukan, maka device akan semakin panas dan kipas akan berusaha untuk menurunkan suhunya dengan berputar lebih kencang.

CARA MENEMUKAN SUMBER MASALAH

Seperti yang sudah disebut di atas, sumber masalah overheat terletak pada proses yang bekerja terlalu berat. Sebuah proses, misalnya iTunes, bisa tiba-tiba out of control disebabkan oleh proses ngesync atau proses lainnya. Maka sebelum membunuh proses tersebut, device akan terus menerus menguras tenaganya untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan proses di atas.

Menemukan proses yang out of control tidak sulit dengan memanfaatkan Activity Monitor. Aplikasi bawaan OS X ini menampilkan berbagai informasi seperti besar RAM dan resource yang digunakan setiap proses. Berikut ini langkah-langkah untuk mengidentifikasi proses bermasalah:

  1. Jalankan Activity Monitor. Aplikasi ini bisa ditemukan di dalam folder Applications → Utilities atau cukup search dengan menggunakan Spotlight dengan menekan ⌘+Space.

Memperbaiki Isu Overheat di Macbook OS X2.Navigasi ke tab System Memory dan sortir dari besar ke kecil berdasarkan % CPU seperti pada gambar di atas. Jangan lupa memilih All Processesyang bisa dipilih dari dropdown. Dengan demikian, semua proses akan ditampilkan.

3.Apabila proses memakan resource melebihi 40%, pilih proses yang bermasalah dan pilih Quit Process yang berada di toolbar.

MEMAHAMI PROSES di MACBOOK

Beberapa hal yang perlu diketahui ketika mengikuti tutorial ini adalah tidak freak out kalau aplikasi yang sedang dijalankan tiba-tiba keluar. Membunuh proses berarti Quit Application.

Proses sebuah aplikasi bervariasi. Apabila aplikasi sedang melakukan video rendering maka wajar saja proses bekerja dengan keras untuk memproses ribuan gambar. Umumnya, aplikasi grafis membutuhkan proses yang besar, jadi tinggalkan saja sampai prosesnya selesai.

Baca juga Cara Memperbaiki Macbook Lambat

LEAVE A REPLY