Cara Refresh Mac dan MacBook Agar Kembali Cepat

Cara Refresh Mac dan MacBook sudah dilengkapi dengan sistem operasi OS X atau macOS yang dirancang sendiri oleh Apple. Karena hardware dan software dirancang sendiri, sangat wajar jika kinerja dan performa Mac bisa dibilang cepat dan mulus.

Namun apa jadinya jika Mac berubah menjadi lambat dan lebih lemot dari kinerja biasanya? Tentu saja kamu ingin mengembalikan kinerja menjadi lebih cepat dan segar kembali. Bagaimana caranya?

Cara refresh Mac di sini cukup berbeda dengan refresh Windows. Sebenarnya cukup mudah untuk mengembalikan kinerja Mac menjadi kembali cepat dan segar tanpa harus melakukan tutorial ribet seperti PC atau laptop Windows.

1. Mulai Ulang atau Restart Mac

Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah melakukan restart Mac atau MacBook. Sama seperti Windows, dengan melakukan restart maka sistem operasi Mac OS X atau macOS akan benar-benar dimatikan lalu dimulai ulang dari awal.

Beragam bug dan kesalahan kecil bisa beres dengan sendirinya. Jadi jika Mac atau MacBook kamu mengalami suatu masalah tertentu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat itu juga adalah melakukan restart.

Kinerja yang mulus serta baterai MacBook yang sangat hemat bisa membuat kamu untuk terus menyalakan MacBook tanpa mematikan atau restart, cukup sleep dan kalau mau dipakai tinggal buka. Sangat disarankan untuk melakukan restart Mac sehari sekali agar kembali fresh.

Baca Juga : Cara Mempercepat Booting Macbook

2. Bersihkan Cache, Junk, dan Beragam File Sampah

Kumpulan file sampah seperti cache dan junk bisa membuat kinerja Mac OS X atau macOS kembali melambat. Sangat disarankan agar kamu menghapus file cache dan sampah lain sebulan sekali agar terlalu banyak menumpuk.File cache memang sangat diperlukan agar akses terhadap file tertentu bisa lebih cepat, namun jika terlalu banyak yang tersimpan juga tentu saja tidak baik untuk kinerja Mac dan MacBook kamu.

3. Cek dan Perbaiki Error Disk

Cek dan melakukan perbaikan disk yang error bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama adalah dengan melakukan first aidmelalui disk utility. Fitur tersebut sudah ada dan tinggal kamu gunakan.

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CleanMyMac. Kamu bisa menjalankan metode repair disk permission seperti versi OS X lawas untuk memperbaiki disk.

4. Membersihkan RAM Mac dan MacBook

Meskipun sebenarnya tidak wajib, namun kamu bisa coba membersihkan RAM di Mac dan MacBook kamu untuk mempercepat kinerja Mac. Dengan membuat RAM lebih banyak ruang kosong membuat performa Mac kembali cepat.

Sistem operasi OS X dan macOS sudah memiliki manajemen memori RAM yang sangat baik, sehingga cara ini sebenarnya tidak wajib, namun pantas untuk dicoba.

Di atas adalah cara yang paling gampang untuk refresh macbook untuk mengembalikan kinerja mac yang mulai lemot dan error.

LEAVE A REPLY